Begini Nasib Xanana Gusmao Presiden Pertama Timor Leste

  • Bagikan

Nasib Xanana Gusmao Presiden Pertama Timor Leste Usai Mengundurkan Diri, Tak Mau Jauh dari Rakyat
2022/03/20

Xanana Gusmao saat membawa bantuan kemanusiaan untuk warga korban bencana di Timor Leste, pada April 2021. Sikap mantan Presiden Timor Leste ini mendapat apresiasi nitizen dan diantaranya ada yang membandingkannya dengan pejabat di Indonesia

Kabariau.com – Sosok ini merupakan pejuang yang memerdekakan Timor Leste.

Selain pejuang, dia juga Presiden Pertama Timor Leste.

Ya, dialah Xanana Gusmao.

Ia menjabat sebagai Presiden Timor Leste periode 2002—2007.

Setelahnya, dia menjabat sebagai Perdana Menteri Timor Leste.

Xanana Gusmao menjabat sebagai Perdana Menteri Timor Leste dua periode yakni 2007—2012 dan 2012—2015.

Xanana mundur sebagai Perdana Menteri Timor Leste 9 Februari 2015.

Posisi Xanana digantikan mantan menteri kesehatan Timor Leste Rui Maria de Araujo yang ditunjuk oleh presidennya sendiri Taur Matan Ruak.

Araujo sendiri merupakan anggota dari partai oposisi.

Lantas bagaimana kabar Xanana Gusmao sekarang?

Berikut selengkapnya!

Diketahui, Timor Leste adalah negara yang pisah dari Indonesia tahun 1998 lalu.

Kemerdekaan itu diraih setelah Presiden BJ Habibie memberikan ruang kepada masyarakat Timor Timur untuk menentukan nasibnya sendiri, apakah memilih tetap menjyatu dengan Indonesia atau menjadi negara sendiri.

Dari opsi itulah mayoritas warga Timor Timur memilih lepas dari Indonesia dan menjadi negara sendiri.

Dan, setelah memenuhi sejumlah persyaratan, akhirnya pada tahun 2002 Timor Timur dinyatakan sebagai negara merdeka dengan nama Republika Demokratika Timor Leste atau RDTL.

Itu sekilas tentang Timor Leste dan Xanana Gusmao sebagai mantan orang nomor satu di negara tersebut.

Saat ini, Xanana Gusmao bukanlah siapa-siapa.

Ia tak lagi sebagai pejabat penting di negara tersebut.

Ia bukan presiden definitip, bukan pula perdana menteri atau jabatan lain setingkat menteri.

Meski demikian, Xanana Gusmao tetap menjadi pribadi yang bersahaja, sosok yang dekat dengan orang kecil, sosok yang ringan tangan dan selalu membantu warga yang berkekurangan.

Kisah kedekatan Xanana Gusmao dengan rakyat itu sampai sekarang masih menjadi buah bibir masyarakat negara itu.

Apalagi Xanana Gusmao juga benar-benar menunjukkan keberpihakannya pada rakyat dengan turun langsung ke masyarakat walau tak lagi mengemban jabatan mentereng sebagai Presiden Timor Leste atau lainnya.

Pada tahun lalu, Xanana Gusmao menjadi perbincangan netizen.

Hal tersebut lantaran Xanana Gusmao turun langsung ke masyarakat membantu warga korban banjir pada Sabtu-Minggu 3-4 April 2021.

Peristiwa bencana banjir bandang, tanah longsor dan badai angin seroja itu seakan menjadi hari yang kelam bagi masyarakat Timor Leste.

Dan, ketika Xanana Gusmao turun langsung menemui masyarakat, maka warga yang sebelumnya sedih bahkan berduka karena bencana itu, langsung terhibur.

Melansir pemberitaan media lokal Tatoli.tl, Xanana Gusmao mengunjungi korban banjir di Dili.

Warga pun sangat antusias menyambut kedatangan eks presiden bernama lengkap Jose Alexandre Kay Rala Xanana Gusmao tersebut.

Kemudian dalam sebuah video di Facebook, tampak Xanana Gusmao langsung menemui masyarakat walau cuaca sedang tak bersahabat.

Dengan mengenakan pakaian seadanya, celana pendek dan baju kaos, Xanana turun dengan membawa bantuan langsung ke rumah-rumah warga.

Ada pula foto warga yang membantu Xanana Gusmao berjalan di tanah becek dengan merangkulnya, serta memayungi pria kelahiran Manatuto, Timor Leste, itu.

Tatoli mewartakan, meski warga sangat antusias dengan kedatangan sahabat BJ Habibie tersebut, sang eks presiden justru merendah dengan berkata bahwa bantuan datang dari Tuhan.

“Tuhan Yesus-lah yang menyelamatkan kalian,” ucap presiden Timor Leste 2002-2007 itu.

Xanana Gusmao juga berinisiatif menghubungi para pemilik bisnis di Timor Leste untuk membantu mengirim bantuan ke warga terdampak bencana alam.

Direktur Perusahaan Montana, Di’ak Lay Fu Seng, berkata dia bisa membantu dengan mengerahkan alat-alat berat.

Selain Xanana Gusmao, Raul Lemos suami Krisdayanti juga dilaporkan ikut membantu korban bencana alam yang dievakuasi ke Joao Paulo II, Tasi-Tolu, Dili, pada Selasa 6 April 2021.

Nitizen Bandingkan dengan Pejabat Indonesia

Salah seorang nitizen melalui akun @lemcerdas malah mengungkapkan hal mengejutkan tentang kepribadian Xanana Gusmao.

Ungkapan sang nitizen itu sebagai respon atas kedekatan Xanana Gusmao dengan rakyat.

Bahkan dari dua foto yang beredar di dunia maya, dimana Xanana Gusmao yang mengenakan sepatu, celana pendek dan berbaju kaos, membawa sebuah keranjang berisi bantuan untuk diserahkan kepada warga.

Gambar lainnya, dimana Xanana Gusmao memikul sebuah dos berisi bantuan dan berjalan kaki di antara warga yang berjejal di pinggir jalan.

@lemcerdas menuliskan kelimat yang mengharukan. “Luar Biasa. Di Indonesia ga ada mantan presiden yang begituan.” tulisnya.

Sementara nitizen yang lain mengapresiasi sikap Xanana Gusmao, dengan mengungkapkan rasa itu menggunakan bahasa tetun, Timor Leste.

Source : Tribunnews.com

Editor : Deo febro

  • Bagikan