Puluhan Tahun Didambakan, Jembatan Desa Rantau Kasih Diresmikan

  • Bagikan

Kampar, Kabariau.com – Jembatan yang sangat dinanti-nantikan masyarakat Desa Rantau Kasih, Kecamatan Kampar Kiri Hilir, Kabupaten Kampar akhirnya terwujud. Ini merupakan harapan masyarakat agar dibangunnya jembatan baru di desa ini.

Hal itu dikatakan Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri), SF Hariyanto saat meresmikan dan syukuran atas selesainya pembangunan Jembatan Rantau Kasih sepanjang 150 meter, Sabtu (8/6/2924).

SF Hariyanto mengatakan, jembatan tersebut merupakan penghubung ruas jalan di Kabupaten Kampar. Namun karena jembatan ini sangat dibutuhkan masyarakat, Pemprov Riau berusaha membantu pembangunan jembatan tersebut melalui Bantuan Keuangan Khusus (BKK) tahun 2023.

“Pembangunan jembatan ini komitmen Pemprov Riau membantu pembangunan di daerah. Ini jalan bukan ruas provinsi, tapi saya berpikir bagaimana provinsi yang bangun. Akhirnya kita buat bantuan keuangan ke Pemkab Kampar sebesar Rp44,9 miliar,” sebutnya.

Selama ini, tambah Pj. Gubri, masyarakat Desa Rantau Kasih yang menggunakan kendaraan baik motor dan mobil jika ingin menyeberang harus pakai rakit penyebarangan (ponton). Kondisi ini tentu sangat menyulitkan masyarakat beraktivitas.

“Dengan adanya jembatan ini, maka bisa menghubungkan tiga kabupaten, yakni Kampar, Pelalawan dan Kuantan Singingi. Jembatan ini juga menghubungkan beberapa desa. Tentu dengan adanya jembatan ini dapat membuka daerah-daerah terisolir, dan hasil perkebunan juga bisa dikeluarkan dengan mudah, sehingga perekonomian masyarakat semakin tumbuh,” ungkapnya.

Pada acara yang sama, Kepala Desa Rantau Kasih, Ajisman menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pj Gubernur Riau yang telah membantu pembangunan Jembatan Rantau Kasih melalui Bantuan Keuangan Khusus (BKK) tahun 2023.

“Puluhan tahun kami dambakan jembatan, akhirnya bisa terwujud atas batuan pak Pj Gubernur Riau. Alhamdulillah pak, kami tak naik dan turun rakit penyeberangan lagi,” ungkapnya.

Selain itu, Ajisman juga mengharapkan perbaikan jalan Kabupaten Kampar yang berada Desa Rantau Kasih, baik dari Pemkab Kampar maupun bantuan keuangan Pemprov Riau.

Selain Pj. Gubernur Riau, hadir juga dalam acara tersebut Pj. Bupati Kampar, Hambali, tokoh masyarakat Kampar Kiri Hilir, masyarakat Desa Rantau Kasih, Anggota PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Perhentian Raja serta komponen masyarakat lainnya.

**Binsar M

 

  • Bagikan