Media DerakPost.com Taja Pelatihan Jurnalistik Dasar Bagi Kalangan Pemuda

  • Bagikan

Pekanbaru, Kabariau.com – Dalam rangka memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peran media massa dan untuk memberikan bekal terhadap kalangan muda tentang ilmu jurnalistik tingkat dasar, media online DerakPost.com menggelar kegiatan pelatihan jurnalistik bagi kalangan pemuda selama dua hari (29 dan 30 April 2023) di Pekanbaru.

Kegiatan pelatihan yang menitik beratkan tentang prinsip-prinsip dasar jurnalisme ini dibuka secara resmi oleh Pemimpin Redaksi dan Penanggungjawab Media DerakPost.com, Dairul Riadi, S.Sos, Sabtu (29/4/2023).

Dalam pidatonya saat membuka kegiatan tersebut, Dairul Riadi, S.Sos menegaskan bahwa kegiatan ini adalah langkah yang baik untuk mengadakan pelatihan jurnalistik dasar bagi kalangan muda dan Karang Taruna di Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Pelatihan semacam itu dapat memberikan kesempatan kepada mereka yang berminat untuk mempelajari keterampilan dasar dalam bidang jurnalistik.

Melalui pelatihan jurnalistik dasar, peserta dapat belajar tentang prinsip-prinsip dasar jurnalisme, teknik penulisan berita, wawancara, penelitian, dan etika jurnalistik.

“Ini akan memberikan pondasi yang kuat bagi mereka yang berminat untuk terlibat dalam profesi jurnalistik di masa depan,” ujar Dairul.

Selain itu, katanya, pelatihan semacam ini juga dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peran media massa kepada masyarakat dan pentingnya jurnalisme yang berkualitas. Hal ini dapat membantu mengembangkan kritis berpikir dan kemampuan analisis peserta, sehingga mereka dapat menjadi konsumen informasi yang cerdas dan berpartisipasi secara aktif dalam pembentukan opini publik.

“Semoga pelatihan jurnalistik dasar ini menjadi langkah awal yang baik dalam membangun minat dan bakat jurnalistik di kalangan muda dan Karang Taruna di Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar,” tutup pria yang sudah malang melintang di dunia kewartawanan ini.

Dalam kesempatan itu, Dairul Riadi juga menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada sejumlah pihak yang telah berpartisipasi dan memberikan dukungan penuh baik moril maupun materil sehingga kegiatan ini terselenggara dengan lancar dan sukses, diantaranya EMP Bentu Limited, PT Perkebunan Nusantara V, PT. Musim Mas, Pemprov Riau dan DPRD Provinsi Riau.

Dalam pelatihan kali ini, tampil sebagai narasumber yakni Muradi, S.Pd, salah satu wartawan yang sudah memiliki Sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dengan jenjang Wartawan Utama dari Dewan Pers dan sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun berprofesi sebagai wartawan.

Sementara itu, peserta yang hadir untuk mengikuti pelatihan jurnalistik dasar yang ditaja Media DerakPost.com kali ini berjumlah 15 orang yang berasal dari kalangan pemuda dan utusan Karang Taruna.

**red/rls

  • Bagikan