Sungai Kokuk Meluap, Desa Ketaping Jaya dan Pulau Panjang Hulu Terendam Banjir

  • Bagikan

Kuansing, Kabariau.com – Sungai Kukok yang terletak di Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau, meluap dan membanjiri Desa Ketaping Jaya dan sebagian Desa Pulau Panjang Hulu. Banjir ini disebabkan oleh cuaca buruk dan ulah tambang emas ilegal yang merusak lingkungan.

Selain Desa Ketaping Jaya, sebagian Desa Pulau Panjang Hulu juga terdampak banjir ini. Beberapa rumah warga di desa tersebut terendam air hingga setinggi pinggang orang dewasa. “Kami sangat khawatir dengan kondisi ini, karena ini sudah dua kali terjadi dalam setahun terakhir,” kata salah satu warga setempat, Jumat (10/3/2023).

Disebutkan, bahwa aktivitas tambang emas ilegal yang beroperasi di kawasan Sungai Kukok menjadi salah satu penyebab banjir ini. “Tambang emas ilegal tersebut telah merusak lingkungan sekitar, termasuk sungai yang menjadi sumber air bagi warga setempat,” ujarnya.

Sampai saat ini masih banyak tambang emas liar yang beroperasi di berbagai daerah di Kabupaten Kuansing dan perlu penanganan khusus dari pihak berwajib.

**red/helpi

  • Bagikan