Kades Wonosari, Suswanto: Program Dana Bermasa Untuk Kesejahteraan Masyarakat Desa

  • Bagikan
Kantor Desa Wonosari, Kecamatan Bengkalis. Kepala Desa Wonosari, Suswanto (Inzet)

Bengkalis, Kabariau.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada didesa dan kelurahan melalui dana Bermasa, sehingga desa dan kelurahan dapat berlomba meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya masing masing.

Hal itu dikatakan Kepala Desa Wonosari, Kecamatan Bengkalis, Suswanto saat berbincang dengan awak Kabariau.com di ruang kerjanya, Rabu (1/2/2023).

Dikatakan Suswanto, ada delapan kelompok dalam aturan penyaluran dana Bermasa bagi masyarakat dianataranya, insfratruktur dan pembangunan sesuai kebutuhan desa nya, baik yang bersifat wajib, seperti penyelesaian pembangunan yang belum selesai tuntas di tahun 2022 lalu, kemudian dilanjutkan pembangunannya sehingga dapat dipakai oleh masyarakat desa.

“Di tahun ini bisa saja dana Bermasa dipakai untuk rehab rumah miskin atau tidak layak huni atau pembangunan lainnya,” sambung Kades Wonosari.

Di samping itu, tambahnya, pemberdayaan ekonomi dan keterlibatan perempuan masyarakat desa, pengembangan usaha untuk masyarakat miskin desa atau bersifat pembinaan atau pelatihan yang dilaksanakan oleh pemerintah desa.

“Dan dana Bermasa ini juga mendukung program pusat seperti stunting, serta pembentukan pusat kesejahteraan sosial, sistem layanan rujukan terpadu. Dan pada tahun 2023 ini, dana Bermasa di peruntukkan bagi 50 persen pemberdayaan dan 50 persen untuk pembangunan, sehingga dapat berimbang antara pembangunan dan pemberdayaan dalam peningkatan ekonomi masyarakat desa khusus nya masyarakat desa Wonosari,” pungkasnya.

**red/abdul hamid

  • Bagikan