Sembari Pulang Kampung, YM Raja Sayid Sahidi dari Kerajaan Perak Malaysia Kunjungi Diradja Air Tiris Melayu Kampar

  • Bagikan
Kunjungan YM Raja Sayid Sahidi dari Kerajaan Perak Malaysia

Pekanbaru, Kabariau.com – Dalam kegiatan pulang ke kampung, Yang Mulia (YM) Raja Sayid Sahidi Raja dari Kerajaan Perak, Malaysia berkesempatan mengunjungi Diraja Air Tiris Melayu Kampar, Provinsi Riau, di Istana Darul Rahmad, Jl. Kaharuddin Nasution No. 1 Perhentian Marpoyan Pekanbaru, Ahad (27/11/2022) bertepatan 03 Jumadil Awal 1444 H.

Dalam keterangannya, YM. Raja Sayid Sahidi mengatakan bahwa kunjungan ini dimaksudkan untuk mencari jejak asal usul dan keturunannya yang menurut pengakuannya berasal dari Kerajaan Melayu Kampar.

“Kunjungan kami bertujuan untuk menelusuri jejak keturunan kami yang juga berasal dari Kerajaan Melayu Kampar. Jadi kedatangan kami ini juga merupakan bagian kunjungan pulang kampung sendiri. Selain itu juga untuk menyatukan kembali garis keturunan yang sudah ratusan yang terkesan sudah terputus. Untuk kami ingin merajut kembali, sehingga kami bisa menemukan kembali garis waris kami,” urai YM Raja Sayid Sahidi.

Pada kesempatan yang sama, Diraja Air Tiris Melayu Kampar dalam sambutannya menyampaikan rasa sukacitanya karena mendapat kunjungan kehormatan dari Raja Sayid Sahidi dan rombongan yang berjumlah 18 orang.

“Saya dan para petinggi kerajaan Raja Air Tiris Melayu Kampar khususnya, sangat bangga dengan rasa sukacita yang mendalam mendapat kunjungan kehormatan ini yang bisa bersilaturrahmi tetapi yang tidak kalah penting adalah bukti sejarah bahwa antara Kerajaan Perak Malaysia mempunyai historis yang tidak lekang oleh panas dan tidak lapuk oleh hujan dan bile mase kami juga nak berkunjung ke Kerajaan Perak Malaysia,” tutur Paduka H. Yunus Abdullah Rahmadsyah Al Haj.

Setelah acara pertemuan yang berlangsung dua jam itu, dilanjutkan dengan jamuan makan bersama dan diakhiri dengan sesifoto bersama, saling tukar cenderamata antara dua raja yang sama-sama dari Rumpun Melayu.

Sementara itu, Panglimo Dr. Azmi mengatakan, dalam lawatan selama beberapa hari (26-29 November 2022) ke Indonesia kali ini, rombongan Raja Sayid Sahidi di Indonesia juga melakukan kunjungan ke mesjid tertua di Air Tiris, ziarah ke makan Panglimo Khotib yang dipandu Paduka SB. H. Muhammad Yunus Abdullah Rahmadsyah Al Haj dan selanjutnya rombongan melanjutkan lawatannya ke Kerajaan Pagaruyung di Batusangkar Sumatera Barat.

**red/jasril

  • Bagikan