Bersama Komisi Penanggulangan AIDS, Diskes Bengkalis Gelar Peringatan HKN ke-59

  • Bagikan

Bengkalis, Kabariau.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis dan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Bengkalis menggelar acara Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 dan Peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2023, Sabtu (16/12/2023) bertempat di Lapangan Tugu Bengkalis.

Acara tersebut diawali dengan senam bersama yang juga diikuti Wakil Bupati Bengkalis  Dr. H. Bagus Santoso. MP dan Kepala Dinas Kesehatan  Ermanto, SKM, MKM dan siswa dan siswi dari SMA, SMK dan MAN se-Kecamatan Bengkalis dan Bantan serta masyarakat umum.

Pada acara tersebut, para peserta juga berkesempatan mendengarkan kampanye terbuka Wakil Bupati Bengkalis  tentang HIV dan AIDS dengan menekankan kampanye tentang bahaya penyebaran HIV kepada remaja, perilaku LGBT (Lesbian/Gay/Bisexual/Trangender).

Wabup Bagus juga mengingatkan agar keluarga memberikan perhatian lebih kepada anak dalam pergaulan. Bagi anak-anak yang akan menikah akan dilakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu sehingga diketahui apakah pasangan tersebut sehat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, Ermanto. SKM, MKM menyampaikan bahwa penyelenggaraan acara ini dapat memberikan edukasi atau pendidikan kepada masyarakat tentang bahaya HIV.

Pada acara yang sama, Ketua Panitia Pelaksana, Irawadi, SKM, MPH melaporkan, kepanitiaan Peringatan HAS dan HKN ke-59 tahun 2023 ini melibatkan lintas sektor, diantaranya Yessica Vebrina, Diskes, KPA, Politeknik Negeri Bengkalis, STAIN, STIE Syariah, Kemenang Bengkalis, Satpol PP, Dishub, SMA dan SMK serta MAN se-Kecamatan Bengkalis dan Bantan.

“Pada hari ini juga dilakukan penyerahan penghargaan pencapaian program puskesmas dan pemenang lomba rangkaian peringatan HKN ke-59 oleh Wakil Bupati Bengkalis antara lain: Batminton, Bola Volly, Futsal, Domino, Pembuatan Video Kreasi Tingkat SLTA, Pembuatan Poster dan Video Konten Tingkat Perguruan Tinggi dan SLTA,” terang Irawadi.

Sedangkan Pemeriksaan Kesehatan berupa Skreening HIV dan PTM, tambah Irawadi, juga dilakukan kepada seluruh peserta dengan target 1.170 orang. Panitia acara juga membagikan hadiah doorprize yang berasal dari berbagai stakeholder antara lain Dinas Kesehatan, Komisi Penanggulangan AIDS, UPT Puskesmas se-Kabupaten Bengkalis, Kemenang, Baznas, Bappeda, Dispora, Disduk/KB, Bulog, PLN, Diskominfo, Bank Riau Syariah, Bank BPR, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Bengkalis dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bengkalis.

**red/abdul hamid/rls

  • Bagikan