Pemkab Bengkalis Dukung Pengembangan Kelapa Sawit untuk Percepatan Ekonomi

  • Bagikan

Bengkalis, Kabariau.com – Bupati Bengkalis, Kasmarni membuka secara resmi acara Sosialisasi Progran Dirjen Perkebunan Kelapa Sawit dan Peremajaan Sawit, Senin (23/10/2023) bertempat di Aula kantor Camat Siak Kecil.

Kegiatan sosialisasi ini sebagai upaya dan langkah strategis Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis dalam mendukung percepatan pengembangan kelapa sawit di Negeri Junjungan.

Bupati Kasmarni mengatakan, sosialisasi ini dapat meningkatkan koordinasi pemangku kepentingan agar memiliki pemahaman dan persepsi dalam menyukseskan Program Dirjen Perkebunan Sawit.

“Apresiasi dan ucapan terimakasih kepada pimpinan dan managemen PKS PT Sumbermas Mutiara Agro yang telah memfasilitasi kegiatan yang ditaja, sehingga masyarakat betul-betul memahami secara maksimal,” kata Bupati Kasmarni.

Kasmarni menambahkan, Kabupaten Bengkalis memiliki daerah yang memiliki hamparan perkebunan kelapa sawit yang sangat luas, bahkan seluas 130 ribu hektar lebih dengan jumlah pekebun 41.000 KK lebih. Potensi ini harus didukung dalam rangka mendorong perekonomian masyarakat.

Pada kesempatan itu, Bupati Kasmarni meminta kepada Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis untuk terus mengawal dan melakukan pendampingan agar program bantuan sarana dan prasarana dapat segera dinikmati oleh masyarakat.

“Mengingat program yang dilaksanakan ini merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan kelapa sawit di Kabupaten Bengkalis untuk mendukung pembangunan ekonomi Indonesia secara keseluruhan,” ujarnya.

Bupati Kasmarni yang juga mantan Camat Pinggir ini mengajak pemilik lahan kelapa sawit untuk memanfaatkan program ini dengan baik dan serius dalam meningkatkan produksi agar lebih maju dan berkembang dalam rangka meningkatkan pendapatan kesejahteraan.

Pada kesempatan itu, Bupati Bengkalis juga menyerahkan Surat Tanda Daftar Budi Daya (STDB) kepada kelompok tani diantaranya Poktan Kemenangan Desa Muara Dua, Poktan Pesisir Melayu Desa Muara Dua dan Poktan Berjaya Desa Sumber Jaya.

Hadir juga dalam acara tersebut diantaranya Sekda Bengkalis dr. Ersan Saputra, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Toharuddin, Camat dan Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Bengkalis.

**red/abdul hamid

  • Bagikan