Wujudkan Kemajuan Pariwisata Daerah, Pemkab Bengkalis Taja Festival Budaya Bahari Tahun 2023

  • Bagikan

Bengkalis, Kabariau.com – Dalam upaya menciptakan kemajuan kepariwisataan daerah yang memunculkan kearifan lokal yang sudah mengantar dalam kehidupan masyarakat sehingga jati diri sebagai bangsa bahari tetap terjaga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis menggelar Festifal Budaya Bahari  tahun 2023, Sabtu (21/10/2023) di Pantai Selat Baru, Kecamatan Bantan.

Hadir dalam acara tersebut Wakil ketua DPRD Bengkalis, Sofyan dan Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis, Edi Sakura, Kepala Dinas Perindag, Zulpan, Kepala BPBD, Supandi, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Suwaro, Kapolsek Kecamatan Bantan AKP. Kasmandar Subekti, Kepala Desa Selat Baru Endang Rahayu dan Seluruh Pj Kepala Desa se-Kecamatan Bantan, Forkopimda serta ribuan masyarakat.

Dalam pidatonya, Kadisparbudpora, Edi Sakura mengatakan, acara festival ini diselenggarakan selama dua hari (21-22 Oktober 2023) dengan beberapa perlombaan tradisional.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, bahwasannya tahun ini kita berdayakan dan libatkan pemuda yang ada di Kabupeten Bengkalis, khususnya Kecamatan Bantan untuk ikut serta meramaikan acara festival ini,” ucap Edi Sakura.

Adapun perlombaan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut diantaranya perlombaan gasing, permainan rakyat, lomba layang-layang, lomba jung dan lomba melanggar. Kemudian ada perlombaan melukis untuk anak-anak sekolah, pementasan seni oleh suku-suku yang ada di Kabupaten Bengkalis yang berasal dari desa-desa di Kabupaten Bengkalis.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini utusan dari Kabupaten Siak dan Kota Duri juga turut serta mengisi acara tahun ini.

“Kita juga mempercayakan anak-anak muda dari sanggar-sanggar yang ada di Kabupaten Bengkalis dan Kecamatan Bantan agar budaya yang ada tetap dilestarikan,” sambung Edi Sakura.

Untuk perlombaan yang ditampilkan, pihak panitia menyediakan hadiah berupa uang tunai dan tropi.

**red/abdul hamid

  • Bagikan