Bupati Bengkalis Apresiasi Jambore PAUD Tingkat Kabupaten

  • Bagikan

Bengkalis, Kabariau.com – Pelaksanaan Jambore PAUD tingkat Kabupaten Bengkalis secara resmi dibuka Bupati Bengkalis, Kasmarni, Kamis (5/10/2023) lalu.

Dalam acara pembukaan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupeten Bengkalis, Hadi Prasetyo menyampaikan, kegiatan ini diadakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para pendidik PAUD dan prinsip PAUD yaitu bermain sambil belajar dengan merencanakan pengenalan permainan tradisional dan kebudayaan. Karena para pendidik anak usia dini merupakan penentu generasi kedepan yang cerdas, madiri dan berakhlak mulia secara proses pembelajaran.

“Kegiatan ini sangat tepat untuk memperkenalkan permainan tradisional, karena masa 0-6 tahun merupakan masa emas memperkenalkannya dan mencegah dari bahaya kemajuan teknologi,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Bengkalis, Kasmarni memberikan apresiasi terhadap jambore PAUD tingkat Kabupaten Bengkalis ini. Dan mengharapkan agar pendidik, tenaga kependidikan, Bunda PAUD serta organisasi mitra PAUD benar-benar memperhatikan empat elemen yang harus dipenuhi dalam membentuk PAUD berkualitas.

“Pertama memiliki kualitas proses pembelajaran yang baik, kedua bermitra dengan orang tua, ketiga memiliki tata kelola yang baik dan yang keempat memantau serta mendukung terpenuhinya kebutuhan esensial anak,” kata Bupati Kasmarni.

“Makanya, melalui empat elemen tersebut, mari bersama kita sukseskan gerakan PAUD berkualitas ini, dengan terus memberikan rangsangan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan, dan kesejahteraan yang dilakukan secara simultan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi, dan berkesinambungan serta holistik-integratif, agar anak-anak Kabupaten Bengkalis kedepannya dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia dan tahap perkembangannya,” sambungnya.

Lebih lanjut, Bupati Kasmarni juga menyampaikan apresiasi dan ucapan tahniah kepada semua pihak, khususnya Dinas Pendidikan, yang telah menyelenggarakan kegiatan Jambore PAUD dan pembinaan karakter anak usia dini sekaligus pengukuhan Bunda PAUD Desa atau kelurahan se-Kabupaten Bengkalis tahun 2023 ini.

“Sebagai wujud apresiasi bersama untuk memacu semangat kerja keras, kerja cerdas, dan kerja berkualitas para penyelenggara dan tenaga pendidik PAUD, dalam membangun PAUD berkualitas di Negeri Junjungan ini,” tutup Bupati Kasmarni.

**red/abdul hamid

  • Bagikan