Polres Bengkalis Gelar Penghijauan, Bhakti Sosial dan UMKM Presisi Expo 2023

  • Bagikan

Bengkalis, Kabariau.com – Polres Bengkalis menggelar kegiatan Penghijauan, Bhakti Sosial dan UMKM Presisi Expo 2023, Rabu (23/8/2023) sekitar pukul 08.00 WIB, yang dipusatkan di Jalan Utama, Desa Jangkang, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, antara lain Bupati Bengkalis diwakili oleh Kepala Dinas Sosial, H. Hambali, S.Pdi; Kapolres Bengkalis, AKBP Setyo Bimo Anggoro, S.H., S.I.k., M.H; Dandim 0303/Bengkalis yang diwakili oleh Pasi Ops Kodim 0303 Bengkalis, Kapten CZI Suratmin; Ketua Kejaksaan Negeri Bengkalis, Zainur Arifin Syah, SH., MH.

Selain itu hadir juga Ketua PN Bengkalis, Bayu Soho Rahardjo, S.H.; Kepala Kantor Imigrasi II A TPI Bengkalis yang diwakili oleh Kasubsi Penindakan Imigrasi Bengkalis, Agus; Kepala Bea Cukai Bengkalis yang diwakili oleh Rizwan R.; Danposal Muntai, Letda Laut (P) H.M. Sinaga; serta Paguyuban Suku dan Elemen Masyarakat Kabupaten Bengkalis.

Berbagai rangkaian kegiatan dilakukan dalam acara tersebut, dimulai dari pembukaan oleh MC, diikuti dengan doa. Kemudian, kata sambutan disampaikan oleh Bupati Bengkalis dan Kapolres Bengkalis.

Pada tahap berikutnya, pemberian bantuan sosial (Baksos) kepada para penerima dilakukan secara simbolis. Baksos ini diberikan oleh Bupati Bengkalis, Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Dandim 0303 Bengkalis, Kapolres Bengkalis, dan Kepala PN Bengkalis.

Salah satu momen penting dalam acara ini adalah penanaman bibit mangrove secara simbolis oleh Kapolres Bengkalis, yang diikuti oleh semua peserta. Acara juga dijadikan lebih istimewa dengan adanya live streaming penanaman bibit mangrove bersama Mabes Polri, Foto bersama dan testimoni mengakhiri rangkaian acara yang meriah dan bermakna.

“Hari ini kita masih bertemu diberikan dalam kesehatan, kegiatan yang sangat positif sebagai bagian penghijauan kawasan pesisir yang tak kalah pentingnya dengan penghijauan di daratan, penanaman mangrove dengan harapan dapat menjadi penyangga wilayah pesisir Kabupaten Bengkalis khususnya wilayah Desa Jangkang ini,” ujar kapolres Bengkalis.

Diketahui, tanaman mangrove memiliki aneka manfaat dan peran yang amat krusial bagi keberlanjutan lingkungan. Hutan mangrove diyakini bermanfaat menstabilkan garis pantai, mengurangi erosi dari gelombang badai, arus, ombak, dan pasang surut.

Sistem akar mangrove yang rumit juga membuat hutan ini menarik bagi ikan dan organisme lain yang mencari makanan dan berlindung dari predator.

Topografi Kabupaten Bengkalis yang berbatasan dengan garis pantai yang cukup panjang, menghasilkan potensi sekaligus tantangan dan penanaman mangrove menjadi salah satu hal yang cukup signifikan guna menjaga kota ini terhindar dari bahaya rob, pasang surut air laut yang berakibat pada erosi dan hal lainnya.

Hal positif ini tentu bukan sebatas seremoni saja, melainkan upaya bersama menjaga kelestarian lingkungan, sebagai bentuk tanggung jawab bersama.

“Saya yakin jika penanaman ini berhasil dan terus dikembangkan, tidak hanya akan menghasilkan ekosistem air yang bersih dan sehat melainkan juga dapat berpotensi sebagai sumber pendapatan dalam pengembangan wisata hutan mangrove atau hal positif lainnya,” katanya.

“Untuk itu, saya berpesan pada warga Desa Jangkang khususnya agar tanaman mangrove ini dijaga, biar tumbuh kuat, lebat dan manfaat sehingga lingkungan akan semakin lestari,” sambungnya.

Setelah semua rangkaian kegiatan selesai, acara ini pun ditutup dengan harapan bahwa langkah-langkah positif yang dilakukan dalam Penghijauan, Bakti Sosial, dan UMKM Presisi Expo 2023 Polres Bengkalis akan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat setempat.

**red/abdul hamid/rls

  • Bagikan