Sekaligus Serahkan Bantuan Usaha Ekonomi Produktif, Bupati Bengkalis Buka Bimtek KUBE

  • Bagikan

Bengkalis, Kabariau.com – Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Sosial (Dinsos) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) khusus wilayah Kecamatan Mandau dan Bathin Solapan, sekaligus memberikan Bantuan Usaha Ekonomi Produktif Fakir Miskin, Senin (7/8/2023) di Aula Susuka Hotel, Kecamatan Mandau.

Bupati Bengkalis Kasmarni ketika hadir dan membuka secara resmi kegiatan tersebut menyebutkan, keberadaan KUBE memiliki arti penting dan strategis di tengah kehidupan masyarakat saat ini.

“Karena melalui KUBE, kami pemerintah daerah berupaya untuk membangun kesadaran serta meningkatkan kemandirian masyarakat guna mengembangkan usaha ekonomi produktifnya, agar mampu memberi nilai tambah ekonomis dan kemandirian melalui infrastruktur ekonomi sosial yang berkelanjutan,” ujar Bupati Kasmarni.

Untuk itu, Bupati Kasmarni sangat berharap kepada pengurus dan anggota KUBE dapat terus meningkatkan kompetensinya agar dapat terus membangun kerjasama dan koordinasi yang baik, serta memperkuat tekad untuk menjadi episentrum terhadap program-program penanganan kemiskinan di Negeri Junjungan ini, agar secara bersama-sama bisa mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera.

Selanjutnya, kepada Dinas Sosial sebagai leader utama dan para pendamping sosial KUBE, Bupati Bengkalis juga meminta untuk terus melakukan pendampingan kepada KUBE yang ada di daerah ini, agar usaha ekonomi produktif mereka lebih terarah dan mencapai tujuannya.

“Terus bimbing dan arahkan mereka dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi usaha secara bersama-sama. Sehingga dapat memupuk kepercayaan diri mereka dan tentunya mendorong tumbuhnya rasa kesetiakawanan di antara sesama anggota maupun dengan komunitas lain di lingkungan mereka,” pintanya.

Disamping memberikan bantuan untuk KUBE Kecamatan Mandau dan Bathin Solapan, dalam kesempatan tersebut Bupati Kasmarni juga turut membagikan bantuan secara simbolis berupa kursi roda, bantuan kacamata dan bantuan kepada anak terlantar se-Kabupaten Bengkalis.

“Bantuan ini merupakan bentuk perhatian dan tanggung jawab kami pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, wujud komitmen kami dalam mengimplementasikan salah satu program unggulan daerah yakni “Program Akses Jaminan Sosial dan Kesehatan Total Bagi masyarakat”, melalui kegiatan bantuan sosial masyarakat,” tuturnya.

Usai membuka dan membagikan berbagai bantuan pada Bimtek tersebut, Bupati Kasmarni dan Wabup H Bagus Santoso serta rombongan turut melakukan peninjauan Kedai Bermasa Harian Lia Jaya Pratama di Jalan Karang Anyer, Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau dan menyapa warga yang mendapatkan manfaat atas kemudahan itu.

“Insya Allah kita akan tetap berkomitmen, terus memberikan kemudahan dan kemandirian untuk bapak ibu sekalian. Kedai Bermasa ini tentu kita harapkan dapat menjadi langkah dalam mewujudkan Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera,” kata Bupati ketika menyapa masyarakat setempat.

Turut hadir mendampingi Bupati Kasmarni diantaranya anggota DPRD Provinsi Riau, Iwandi, Plt Kepala Dinas Sosial H Hambali dan sejumlah Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten, Camat Mandau Riki Rihardi dan Camat Bathin Solapan, Muhammad Rusydy dan para undangan lainnya, serta para peserta Bimtek. Bimtek KUBE untuk Tingkatkan Kemandirian Usaha Ekonomi Produktif.

**red/abdul hamid/infotorial

  • Bagikan