Bupati Bengkalis Prihatin, Generasi Muda Lebih Cinta Gadget Ketimbang Al-Quran

  • Bagikan

Bengkalis, Kabariau.com – Bupati Bengkalis, Kasmarni merasa prihatin sebagian besar generasi muda lebih cinta gadget ketimbang Al-Quran.

Bupati Kasmarni mengatakan, hari ini banyak cita-cita dan keinginan kuat membangun masyarakat yang berjiwa qurani.

“Namun, cita-cita hanyalah slogan semata. Karena sampai detik ini, kita lebih banyak disibukkan dengan gadget dari pada berlama-lama dengan membaca Al-Quran,” ujar Bupati Kasmarni didampingi Wabup Dr H Bagus Santoso saat membuka helat MTQ Ke-47 Tingkat Kecamatan Rupat, Sabtu (5/8/2023).

“Mulai saat ini mari kuatkan niat, tekad dan ikhtiar untuk menjadi masyarakat yang berjiwa qurani dengan senantiasa mendekatkan diri dengan Al-Quran. Kita kuatkan komitmen bersama, menjadikan Al-Quran sebagai bahan yang wajib dibaca setiap hari,” pesannya.

Begitu juga di masjid dan mushalla, Bupati Kasmarni menganjurkan untuk membuat kegiatan pendidikan Al-Quran dengan melibatkan peran remaja dan generasi muda.

Sebagai wujud keprihatinan dan adanya keinginan membentuk masyarakat berjiwa qurani, dalam program pembangunan daerah tidak hanya berfokus pada infrastruktur dan jasmani semata. Namun, rohani masyarakat juga menjadi perhatian Bupat Kasmarni, melalui penguatan nilai-nilai agama.

“Agar kedepannya kita memiliki masyarakat yang berkarakter, berintegritas, maju dan sejahtera lahir dan bathin,” ungkapnya.

Sedangkan program pembangunan infrastruktur yang dikuncurkan untuk Pulau Rupat pada 2023 ini, kata Kasmarni, adalah peningkatan jalan Pangkalan Nyirih-Pantai Ketapang, peningkatan jalan Batu Panjang-Pangkalan Nyirih, peningkatan jalan Pangkalan Nyirih-Titi Akar dan peningkatan jalan Tanjung Kapal-Jalan Pemuda.

Terakhir, disebabkan wilayah Negeri Junjungan sedang mengalami cuaca ekstrem, Bupati Kasmarni mengingatkan pentingnya sinergi guna mengatasi kemungkinan terjadinya bencana, terutama karhutla.

Meski sempat gerimis, kegiatan religi disambut antusias masyarakat. Pembukaan yang dipusatkan di halaman kantor UPT Kantor Camat ini dipadati warga yang ingin menyaksikan secara langsung acara yang menghadirkan qoriah jemputan juara internasional, Mawaddah Warrahmah.

Turut hadir dalam acara tersebut, anggota DPRD Riau Iwandi, Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Fery Situmeang dan Zamzami Harun serta Ketua Ikatan Pemuda Minang Riau, Alga Viqky Azmi.

Sedangkan dari Pemkab Bengkalis, hadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Andris Wasono, Plt Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik H Alfakhrurrazy, Kadis Pendidikan Hadi Prasetyo, Kadis Dukcapil Ismail, Kadis Persip Suwarto, dan Kadis Kelautan dan Perikanan Hj Kholijah.

Kemudian, Camat Rupat Hariadi, Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Hj Siti Aisyah, serta sejumlah pejabat Pemkab Bengkalis lainnya.

**red/abdul hamid/Infotorial

  • Bagikan