DPRD Kabupaten Bengkalis Gelar Paripurna Laporan Banggar Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2022

  • Bagikan
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Sofyan dan Bupati Kasmarni menandatangani Berita Acara Laporan Badan Anggaran DPRD terhadap Penyampaian Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022

Bengaklis, Kabariau.com – DPRD Kabupaten Bengkalis melaksanakan Rapat Paripurna dengan agenda Laporan Badan Anggaran DPRD terhadap Penyampaian Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022, Senin (31/7/2023) bertempat di Ruang Paripurna Lantai II Gedung DPRD Kabupaten Bengkalis.

Rapat Paripurna kali ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Sofyan didampingi oleh Bupati Bengkalis, Kasmarni.

Dalam pidatonya pada Rapat Paripurna ke-6 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2023, Sofyan menyampaikan, sebagaimana diketahui bersama bahwa pada hari Senin tanggal 11 Juli Tahun 2023 lalu telah dilaksanakan Rapat Paripurna Penyampaian Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022 oleh Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis dan Ranperda Pertanggungjawaban telah dibahas oleh Badan Anggaran DPRD Kabupaten Bengkalis sesuai dengan Mekanisme Kerja Dewan.

“Terimakasih kepada Bupati Bengkalis yang telah menanggapi Laporan Badan Anggaran yang telah dibaca tersebut dan juga kepada Tim Badan Anggaran yang telah bekerja semaksimal mungkin dalam menyelesaikan Pembahasan Ranperda sehingga dapat disahkan pada hari ini,” tambah Sofyan.

Dalam kesempatan itu, Hj. Zahraini selaku Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis menyampaikan Laporan Badan Anggaran DPRD Kabupaten Bengkalis Tahun 2022 dengan Pendapatan Daerah Sebesar Rp3.347.978.859.591,00 Triliun dan terealisasi sebesar Rp3.329.414.487.853,30 Triliun dengan capaian pendapatan yang didapatkan.

Badan Anggaran DPRD memberi apresiasi kepada Pemerintah Daerah Bengkalis dengan hasil Audit BPK-RI kembali mendapatkan Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) di Tahun Anggaran 2022 untuk yang ke sepuluh kalinya secara berturut-turut.

“Harapan ini untuk tetap dipertahankan dalam jangka waktu yang akan datang kedepannya dan tetap memperhatikan hal-hal yang dapat mempengaruhi Pendapatan Daerah salah satunya masalah Aset Daerah serta Pemerintah Daerah harus lebih Proaktif untuk mendapatkan alokasi anggaran dari Pemerintah Pusat dengan berkoordinasi dan menjalankan komunikasi yang baik,” ujarnya.

Dimana, katanya, selaku Badan Anggaran DPRD Kabupaten Bengkalis dapat menerima dan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Bengkalis Tahun 2022 menjadi Peraturan Daerah.

Setelah selesainya penyampaian Laporan Badan Anggaran dilanjutkan dengan Tanggapan Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Bengkalis dimana setiap fraksi menyetujui dan menerima laporan Banggar tersebut serta memberi apresiasi dan dorongan terhadap capaian kinerja yang telah dilaksanakan pada Tahun 2022 terutama pada infrastruktur pembangunan di setiap daerah di Kabupaten Bengkalis dan pelayanan terhadap masyarakat di setiap instansi yang ada untuk terus ditingkatkan untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan.

Dalam Paripurna tersebut, Bupati Bengkalis, Kasmarni menanggapi apa yang telah disampaikan dalam Laporan Badan Anggaran DPRD terhadap Penyampaian Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022.

“Dengan disahkannya Peraturan Daerah ini tentunya menjadi bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis bersama DPRD sama-sama memiliki komitmen untuk bersama-sama menjalankan tugas dan tanggungjawab yang diamanatkan masyarakat dengan sebaik-baiknya, dalam mempercepat proses dan peningkatan keberhasilan pembangunan Kabupaten Bengkalis agar Bermarwah, Maju dan Sejahtera,” papar Bupati Kasmarni.

Di akhir acara, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Sofyan dan Bupati Kasmarni menandatangani Berita Acara Laporan Badan Anggaran DPRD terhadap Penyampaian Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022.

**red/abdul hamid/galeri

  • Bagikan