Angkut Tim Sepakbola Sungai Harapan FC, Pompong Berukuran Tujuh Meter Tenggelam, Satu Penumpang Dinyatakan Hilang

  • Bagikan

Lingga, Kabariau.com – Satu unit pompong berukuran tujuh meter yang membawa enam orang pemain Tim Sepakbola Sungai Harapan FC tenggelam di tengah perjalanan dari Pelabuhan Penarek menuju Pelabuhan Jagoh, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Selasa (11/7/2023) siang.

Informasi yang diperoleh awak media, dari enam orang pemain tim Sungai Harapan FC, lima orang diantaranya dinyatakan selamat bersama satu orang taikong. Sedangkan satu orang dari anggota tim atas nama Putra alias Ujang dinyatakan hilang dan masih dalam upaya pencarian oleh TIM SAR Gabungan yang terdiri dari Unit Basarnas Kabupaten Lingga, Satpolair Polres Lingga, Lanal Dabo Singkep dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lingga.

Disebutkan, kronologis kejadian, sekira pukul 12.35 Wib, kapal pompong yang mengangkut sebanyak enam penumpang dan satu nakhoda berangkat dari Pelabuhan Penarik menuju Pelabuhan Umum Jagoh yang direncanakan akan melakukan transit menuju pelabuhan Penuba.

Pada jarak sekitar 500 M, kapal pompong yang di membawa enam penumpang dan satu nakhoda tersebut dihantam ombak, sehingga pompong tidak dapat menghindari tingginya gelombang dan para penumpang melompat keluar.

Salah satu penumpang yang selamat, Narudin menceritakan kalau dirinya sempat membantu temannya bernama Putra agar tidak tenggelam. Namun karena angin kencang dan ombak yang tinggi, lalu Narudin melepaskan Putra.

“Satu jam di lautan, dirinya melihat ada kapal pompong yang lewat, akan tetapi pompong tersebut tidak melihat keberadaan dirinya di permukaan laut,” bebernya.

Setelah dua jam teromabng ambing di lautan, para korban melihat kapal roro dari Pelabuhan Jagoh tujuan Penarik, memutar balik haluan dan menolong mengevakuasi lima orang korban.

Dan satu korban merupakan yang merupakan nakhoda pompong, dapat dievakuasi oleh speedboat patroli AL. Setelah itu, para korban dievakuasi dan dibawa ke Pos TNI AL Penuba menggunakan kapal Angkatan Laut.

**red/afrizal

  • Bagikan