Kapolres Bengkalis Pimpin Upacara HUT Bhayangkara ke-77 Tahun 2023

  • Bagikan

Bengkalis, Kabariau.com – Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-77 Tahun 2023 di Kabupaten Bengkalis berlangsung khidmat dan lancar, Sabtu (1/7/2023) bertempat di halaman Kantor Bupati Bengkalis, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis.

Upacara tersebut melibatkan berbagai perangkat dan dihadiri oleh para pejabat penting dan masyarakat yang mendapatkan penghargaan dari Polres Bengkalis.

Perangkat upacara terdiri dari Kapolres Bengkalis, AKBP Setyo Bimo Anggoro, S.H., S.I.K., M.H sebagai Inspektur Upacara, AKP Rifendi, S.Sos., M.Si sebagai Perwira Upacara dan IPDA Reza Ilham, S.E sebagai Komandan Upacara. Mereka bertugas memimpin jalannya upacara dengan tegas dan disiplin.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Bupati Bengkalis, Kasmarni, S.Sos., M.MP, Dandim 0303/Bengkalis, Letkol Inf Hendik Yunia Hermanto, Ketua Kejaksaan Bengkalis, Rakhmat Budiman T. SH.M.KN., Wakil Pengadilan Negeri Bengkalis, Yona Ketaren, dan perwakilan dari Ketua PA Bengkalis, Rheza Pahlawi, S.Sy.

Hadir juga Kalapas II A Bengkalis, Muhammad Lukman, Ambe S.H., M.SI, serta Wakil Bupati Bengkalis, H. Bagus Santoso.S.Ag.MP, Wakapolres Bengkalis, Kompol Farris Nur Sanjaya, S.H., S.I.K., M.H, dan sejumlah pejabat serta tokoh masyarakat.

Rangkaian kegiatan upacara dimulai dengan persiapan pasukan yang telah siap di lapangan upacara. Kemudian, Komandan Upacara memasuki lapangan diikuti oleh Inspektur Upacara, Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro, S.H., S.I.K., M.H. Penghormatan pasukan dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada para pemimpin upacara.

Setelah itu, dilakukan pemeriksaan pasukan undangan dengan tata cara yang teratur. Selanjutnya, upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh inspektur upacara, dan setelahnya undangan dapat duduk kembali.

Selama upacara, dilakukan pengucapan Tri Brata yang diikuti oleh petugas yang mengambil tempat dan laporan. Penghargaan juga diberikan kepada personil Polres Bengkalis yang berprestasi, dengan perwakilan mengambil tempat dan melaporkan.

Terdapat juga pembacaan surat keputusan dan penyerahan piagam penghargaan oleh inspektur upacara kepada penerima penghargaan. Setelah itu, perwakilan kembali ke tempatnya masing-masing. Acara dilanjutkan dengan amanat dari inspektur upacara.

Dalam amanatnya, Kapolres Bengkalis menyampaikan beberapa pesan dan instruksi kepada seluruh personel Polres Bengkalis dan jajaran. Ia menekankan pentingnya meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas.

Selain itu, AKBP Setyo Bimo Anggoro juga menyampaikan bahwa meskipun terdapat keberhasilan dan pencapaian yang membanggakan, masih terdapat kelemahan dan kekurangan yang perlu diperbaiki, terutama dalam membangun kepercayaan publik.

Dalam konteks persiapan menghadapi agenda nasional pemilu serentak tahun 2024, AKBP Setyo Bimo Anggoro juga mengingatkan bahwa perkembangan dan dinamika politik diperkirakan akan semakin meningkat, yang berpotensi menimbulkan benturan dan konflik.

“Oleh karena itu, kerjasama, koordinasi, dan komunikasi antar penegak hukum, kepolisian, dan pemangku kepentingan lainnya sangat penting,” katanya.

Kapolres Bengkalis berharap, agar pesan dan instruksi tersebut dapat mendorong seluruh personel Polres Bengkalis untuk meningkatkan kualitas kerja, mempererat soliditas, dan memberikan pengabdian yang terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Dengan berakhirnya Upacara HUT Bhayangkara ke-77 Polres Bengkalis ini, diharapkan Polres Bengkalis dapat terus memberikan pelayanan yang berkualitas, menjaga keamanan, dan membangun kepercayaan publik demi terwujudnya masyarakat yang aman, nyaman, dan harmonis.

**red/abdul hamid/rls

  • Bagikan