Disnaker Bengkalis Sosialisasikan Perda Nomor 3 Tahun 2022 tentang Pelayanan Penempatan Naker Lokal

  • Bagikan

Bengkalis, Kabariau.com – Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Johansyah Syafri membuka sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 tentang pelayanan, penempatan dan perlindungan tenaga kerja lokal, Selasa (16/5/2023) bertempat di hotel Panorama Bengkalis.

Bupati Kasmarni mengatakan, Pemkab Bengkalis telah membuat regulasi baru terkait tata kelola dan dasar hukum dalam memberikan pelayanan penempatan tenaga kerja lokal yang mencakup pembangunan Sumber Daya Manusia.

“Peningkatakan produktivitas dan daya saing tenaga kerja sebagai upaya perluasan kesempatan kerja dan pembinaan hubungan industri serta perlindungan tenaga kerja,” kata Johansyah.

Johansyah menambahkan, dengan telah lahirnya Perda Nomor 3 tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Bengkalis terus berupaya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dengan memberikan kesempatan kepada tenaga kerja lokal untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

“Hal tersebut tentunya sangat sejalan dengan salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Bengkalis yakni program stimulus ekonomi, penerapan inovasi dan teknologi serta peningkatan lapangan pekerjaan dengan penekanan kegiatan tenaga kerja,” ujarnya.

Selanjutnya Johan menjelaskan, dalam menjalankan amanat dari Perda tentang tenaga kerja lokal, kepada pengusaha atau pengurus perusahaan ditekankan untuk mengusahakan agar lowongan pekerjaan di isi oleh tenaga kerja lokal dan warga sekitar.

“Kami juga menegaskan bahwa pengusaha atau perusahaan wajib melaporkan secara tertulis lowongan pekerjaan di perusahaan kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bengkalis telah diberitahukan dan dikonsultasikan, paling sedikit memuat jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dan jenis pekerjaan yang diisi,” katanya.

Adapun jumlah peserta yang ikut dalam sosialisasi berjumlah 30 orang terdiri dari pimpinan perusahaan, perhotelan dan Karang Taruna Kecamatan Bengkalis dan Bantan.

Di sela sela acara, Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jamsostek Disnaker Kabupaten Bengkalis, Halazmi Julizar, STP, M.Si mengatakan, sosialisasi ini berguna untuk mendukung program Bupati Bengkalis agar pekerja lokal mendapatkan peluang pekerjaan.

Oleh karena itu perlu adanya sosialisasi ini sesuai dengan program Bupati yaitu Bermarwah Maju dan sejahtera (BERMASA) dan kegiatan ini juga sudah dilaksanakan di Kecamatan Mandau dan Pinggir, dan disusul hari ini di kecamatan Bengkalis dan Bantan dan selanjutnya di kecamatan yang lain.

Adapun narasumber berasal dari Disnaker Provinsi Riau yakni Kepala Bidang Hubungan Industial dan Persyaratan Kerja, Devi Rizaldi, S.STP, M.Si.

Disebutkan, dalam Pasal 3, ruang lingkup yang di atur dalam peraturan daerah ini meliputi, (a). pertama, pelayanan tenaga kerja lokal. (b). Penempatan tenaga kerja lokal. (c). Perlindung tenaga kerja lokal. (d). pembinaan dan pengawasan. (e). pembiayaan.  (f). sanksi administratif. (g). penyidikan. (h). ketentuan pidana. Maka dari itu perlunya sosialisasi ini agar diketahui oleh perusahaan yang ada di Kabupaten Bengkalis ini.

**red/abdul hamid

  • Bagikan