Disaksikan Wabup Lampura, 200 Hewan Ternak Sapi Diberikan Suntik Vitamin dan Obat PMK

  • Bagikan

Lampura, Kabariau.com – Sedikitnya 200 hewan ternak sapi di Desa Kemalo Abung, Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara (Lampura), Provinsi Lampung, diberikan suntikan vitamin dan obat-obatan Penyakit Kulit dan Kuku (PMK) sehingga hewan ternak sapi dalam keadaan sehat.

Wakil Bupati Lampura Ardian Saputra didampingi Kadis Pertanian dan Peternakan Lampura, Tomi Suciadi serta jajarannya serta Camat Abung Selatan Dedi Irawan, turut menyaksikan langsung penyuntikan vitamin kepada hewan ternak sapi di Desa Kemalo Abung. Jumat (3/3/2023).

Wabup Ardian Saputra dalam sambutanya mengatakan, dengan adanya pengobatan massal hewan ternak sapi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Kemalo Abung, khususnya yang memiliki ternak sapi dapat selalu sehat dan bugar, sehingga nilai jual ternak  juga semakin tinggi.

“Semoga dengan dilakukan pemberian vitamin dan pengobatan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), hewan ternak sapi di Desa Kemalo Abung ini, sehat dan nilai jual sapinya semakin tinggi,” kata Wabup Ardian.

Dijelaskannya, Desa Kemalo Abung paling banyak memiliki hewan ternak sapi, sehingga perlu peran Pemerintah Daerah untuk membantu masyarakat, agar hewan ternak sapinya tidak mengalami Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sempat terjadi beberapa waktu lalu.

“Mudah mudahan dengan ada respon cepat dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian dan Perternakan, dalam melakukan pengobatan hewan ternak sapi bisa memberikan dampak yang baik sehingga ternak sapi di Kabupaten Lampura bisa dalam keadaan sehat semua,” ucapnya.

Sementara Kadis Pertanian dan Peternakan Lampura, Tomi Suciadi mengatakan hari ini pihaknya melakukan kegiatan rutin pemeriksan kesehatan hewan ternak khusus sapi di Desa Kemalo Abung, ditargetkan 150 sampai 200 ekor sapi, karena desa ini termasuk kantong populasi hewan sapi di Kecamatan Abung selatan.

“Nanti kita bagi menjadi 10 tim akan keliling kerumah-rumah warga yang mempunyai hewan ternak sapi, jadi yang hadir disini hanya secara simbolis saja,” ucapnya.

Dikatakan Tomi, sebelumnya pihaknya juga telah melakukan pemberian vitamin kepada hewan ternak sapi dan disaksikan Wakil Bupati Lampura, Ardian Saputra. Nanti begitu juga akan dilakukan dilakukan kerumah-rumah, apa bila ada permintaan untuk dilakukan suntik IP, petugas Dinas Pertanian dan Peternakan akan selalu siap sedia.

“Tujuan pemberian vitamin dan penyuntikan IP adalah untuk menjaga kesehatan hewan. Populasi di wilayah Lampung Utara, yang kemarin penandaan sudah kita lakukan kemudian untuk vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK),” tambah Romi.

“Kita juga terus melakukan kontrol kesehatan hewan jika ada yang sakit, kita berikan vitamin, mudah-mudahan hewan ternak sapi di Lampura semuanya sehat,” tambahnya.

Untuk populasi keseluruhan hewan ternak sapi di Lampura berjumlah 29.000 dan pemberian vitamin dan suntik PMK tidak ditarik biaya, gratis.

**red/andri saputra

  • Bagikan